17 Feb 2008

Al-Qur’an Firman Allah?

Pertanyaan mendasar dalam hidup seorang manusia, disadari maupun tidak terdiri dari 3 perkara1:

  1. Dari mana manusia berasal?
  2. Untuk apa manusia hidup di dunia?
  3. Akan kemana manusia setelah meninggal?

Jawaban Islam : Al Qur’an

Sumber Hukum Islam yang pertama dan utama yaitu Al Qur’an 2, menjawab tiga pertanyaan tersebut. Jawaban dari Al Qur’an untuk pertanyaan pertama; manusia ada karena ada yang menciptakan 3. Yang diciptakan namanya makhluk4, dan yang menciptakan bernama sang Khalik4. Artinya manusia adalah makhluk5, lalu siapa sang khalik?

Sang khalik haruslah berbeda dengan makhluk5. Sang Khalik itu ada dengan sendirinya6. Dia tidak berawal dan tidak berakhir (azali)7. Dan Dia berbeda dengan makhluknya. Al Qur’an menamainya dengan nama Allah8. ( Jawaban logisnya bisa dibaca pada artikel Jalan Menuju Iman: Allah Tuhanku, tgl 16-01-2008)

Jawaban terhadap pertanyaan yang kedua, Allah menciptakan manusia dengan suatu misi. Misi utama manusia di dunia ini adalah untuk beribadah kepada-Nya. Melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangannya.

Dan jawaban ketiga, setelah mati, manusia akan kembali kepada Allah untuk mempertanggung jawabkan masa hidupnya ketika di dunia. Apakah dia melaksanakan misinya yaitu menegakkan hokum-hukumnya di muka bumi ini, atau malah sebaliknya malah mendurhakaiNya dengan tidak menerapkan hokum-hukumnya di muka bumi. Manusia akan diganjar sesuai dengan amalnya masing-masing. Apabila manusia taat kepada Allah dengan hidup sesuai aturannya, maka kelak di akhirat dia akan diganjar dengan Syurga. Sebaliknya, apabila manusia selama hidupnya di dunia tidak mau diatur dengan aturan Allah maka ganjarannya adalah neraka. Naudzubillahimindzalik.

Al Qur’an firman Allah ?

Setiap muslim wajib meyakini tanpa keraguan sedikitpun apa yang ada dalam al Qur’an. Hal ini dikarenakan Al-Qur’an adalah memang benar-benar firman Allah swt. Sekiranya ada anggapan Al-qur’an buatan bangsa Arab karena bahasanya Arab atau sekiranya ada anggapan al-Qur’an merupakan buatan Muhammad, argumentasi ini kurang tepat dan bisa dibuktikan kesalahannya.

Argumentasi al Qur’an merupakan buatan bangsa arab sangat lemah. Hal ini dibuktikan oleh tantangan al-Qur’an kepada bangsa arab untuk membuat satu surat bahkan satu ayat untuk menandingi al-qur’an, namun ternyata bangsa arab tidak bisa.

Argumentasi bahwa al-qur’an pun merupakan karangan Muhammad, pun juga sangat lemah, mengingat Muhammad merupakan orang yang ummi (tidak bisa baca dan tulis).

No comments:

Post a Comment

Jazakumullah Atas Komentarnya.